Rabu, 26 Juni 2013

Cara Membuat Ketupat Khas Lebaran

KUMPULAN RESEP MAKANAN - Cara Membuat Ketupat Khas Lebaran. Ketupat adalah sebuah makanan khas Indonesia yang biasa disajikan pada saat lebaran / Idul Fitri.

Bagi sebagian orang Islam di Indonesia, Lebaran terasa kurang afdol jika tidak ada makanan ketupat. Nasi yang dipadatkan dan dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda (janur) ini sebagai dasar pencampur dari berbagai lauk yang tersedia.

Ketupat sangat enak jika disajikan bersama dengan Opor Ayam. Makanan khas daerah Indonesia lain juga banyak yang menggunakan ketupat, antara lain ketupat tahu (Sunda), Grabag (kabupaten Magelang), Ketupat Glabet (Kota Tega), Coto Makassar (Makassar), Gado-gado, Ataupun Lontong Sayur.

Resep Makanan Terkait :
 - Cara Membuat Opor Ayam Yang Enak
 - Resep Membuat Rendang Padang Asli
 - Cara Membuat Dendeng Sapi

Sebenarnya makanan ketupat ini tidak hanya eksis di Indonesia saja, di beberapa negara lain di Asia Tenggara ternyata mereka juga mempunyai makanan layaknya ketupat ini, tetapi dengan nama dan pola anyaman yang berbeda. Negara selain Indonesia yang juga mempunyai ketupat, antara lain Malaysia, Brunei Darussalam, Filiphina, dan Singapura.

cara membuat ketupat


Cara membuat Ketupat sebenarnya tidak terlalu sulit. Kali ini KUMPULAN RESEP MAKANAN akan memberikan resep terbaik cara membuat ketupat khas Lebaran.

Resep Cara Membuat Ketupat

Bahan - bahan membuat Ketupat :
 - Beras, cuci sampai bersih dan tiriskan
 - Bungkus/Anyaman ketupat yang masih kosong
 - Air secukupnya

Cara Membuat Ketupat :
 1. Beras yang sudah Anda cuci direndam di air selamat kurang lebih 3 jam. Kemudian tiriskan dan campurkan dengan sedikit kapur sirih. Kapur sirih digunakan untuk membantu proses pemadatan.

 2. Masukkan beras ke dalam bungkus/anyaman ketupat. Porsi beras tidak lebih dari 2/3 bagian isi.

 3. Didihkan air, kemudian masukkan ketupat yang sudah diisi beras tadi. Rebus kurang lebih selama 4 sampai 5 jam sampai matang. Dan pastikan ketupat selalu terendam. Anda bisa menambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.

 4. Angkat, kemudian siram dengan air matang dingin agar kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.


Ada juga cara lain untuk membuat ketupat, yaitu dengan cara memasak beras terlebih dahulu setengah matang (diaron) kemudian masukkan ke dalam bungkusan ketupat.

Untuk panduan cara membuat anyaman ketupat silahkan lihat gambar dibawah ini :


cara membuat ketupat lebaran

Ketupat anda sudah selesai dibuat. Kini anda tinggal menyajikanya bersama dengan makanan lainya seperti Opor Ayam atau Sayur Labu Siem.

Itulah tadi resep cara membuat ketupat. Jika ada pertanyaan tentang ketupat, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Terima kasih telah membaca resep cara membuat ketupat lebaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar