Kamis, 04 Juli 2013

Cara Membuat Opor Ayam Yang Enak

KUMPULAN RESEP MAKANAN - Cara Membuat Opor Ayam Yang Enak. Opor Ayam adalah makanan khas Lebaran yang paling banyak ditunggu dan dinanti-nanti banyak orang. Rasanya yang lembut dan gurih membuatnya menjadi masakan terfavorit saat lebaran tiba.

Opor Ayam sendiri adalah sebuah masakan berkuah yang terdiri dari bahan dasar Daging Ayam, atau biasa ditambah dengan tahu/tempe atau Telor Ayam yang sudah direbus. Opor Ayam sangat enak jika disajikan bersama dengan Ketupat Khas Lebaran atau Lontong. Disajikan dengan nasi-pun juga masih terasa enak.

Resep Makanan Terkait :
 - Resep Gado-Gado Spesial
 - Cara Membuat Ketupat Khas Lebaran
 - Cara Membuat Rendang Padang

Tidak semua orang bisa membuat opor ayam yang enak, mungkin hanya sedikit dari Ibu-ibu yang bisa membuat masakan opor ayam yang sangat enak, yang lainya mungkin hanya biasa saja, dan beberapa yang tidak enak.

resep cara membuat opor ayam enak

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa membuat masakan Opor Ayam yang enak, maka anda sangat bersuykur menemukan artikel ini, karena disini kita akan mengungkap bagaimana cara membuat opor ayam yang enak. Oke langsung saja dibawah ini adalah resep makanan cara membuat opor ayam yang enak.


Menyiapkan Bahan-bahan Opor Ayam
Hal pertama yang harus kita persiapkan untuk membuat Opor ayam adalah bahan-bahan, untuk bahan membuat opor ayam, silahkan lihat dibawah ini :

Bahan Opor Ayam :
 - 1 ekor Ayam
 - 1 liter Santan yang sudah diencerkan
 - 1/2 liter santang yang masih kental
 - 1 batang Sere yang dimemarkan
 - 2 lembar Daun Jeruk Purut
 - 2 lembar Daun Salam

Bumbu Opor Ayam Yang dihaluskan :
 - 4 siung Bawang Putih
 - 8 siung Bawang Merah
 - 1 sendok teh Ketumbar
 - 1/2 jari Lengkuas
 - 1/2 sendok teh Jinten
 - 5 buah Kemiri
 - Garam, Lada dan Gula secukupnya

Memasak Opor Ayam
Sebelum memasak Opor Ayam saya sarankan anda menggunakan panci/alat masak yang terbuat dari stainles steel agar tidak luntur. Karena bumtu yang kita pakai ini berwarna putih.

Cara Membuat Opor Ayam :
 1. Bersihkan Ayam, kemudian potong-potong menurut selera Anda, cuci dan tiriskan
 2. Tumis bumbu opor ayam yang dihaluskan sampai baunya tercium harum.
 3. Tambahkan daun salam, sere dan berikan sedikit vitsin.
 4. Masukkan Ayam, aduk sampai rata, biarkan sampai layu setelah itu tambahkan santan encer.
 5. Setelah agak surut tambahkan santan yang kental
 6. Tunggu sampai Ayam empuk/lunak. Jika sudah segera matikan kompor dan Angkat masakan Anda.

Untuk mendapatkan rasa yang sempurna, sajikan Opor Ayam yang baru matang. Tambahkan sedikit bawang goreng diatasnya, atau sesuai selera Anda.

Itulah resep cara membuat Opor Ayam yang Enak, Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah. Terima kasih telah membaca artikel cara membuat opor ayam yang enak.

1 komentar:

  1. Casino Player Reviews | Drmcd
    Find the best 논산 출장안마 games, welcome bonuses, and more on Drmcd 군포 출장마사지 today. 대전광역 출장샵 the game 논산 출장안마 is all about the player and 포천 출장마사지 not only is the player's job

    BalasHapus